Senin, 15 Februari 2010

Kiat Sukses Menjadi Presenter Andal


SEMAKIN banyaknya televisi swasta maupun lokal yang bermunculan di Tanah Air membuat industri penyiaran ini membutuhkan tenaga andal yang siap pakai dan kompeten. Termasuk kebutuhan akan presenter atau pembawa acara yang akhirnya membuat profesi ini menjadi impian banyak orang.

Kini impian banyak orang untuk tampil di depan layar tentu tak hanya sekadar mimpi. Sebab sekolah presenter sudah dapat menjawab kebutuhan mereka yang berminat mencari peruntungan di dunia penyiaran. Kendati demikian, agar seorang presenter semakin mampu malang melintang di dunia pertelevisian, ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Seperti diutarakan presenter andal Chandra Sumirat Sugarda atau yang lebih dikenal dengan Chandra Sugarda. wanita kelahiran 37 tahun silam yang mengawali kariernya sebagai seorang reporter itu membagikan kiat suksesnya menjadi seorang presenter.

1. Mengikuti perkembangan isu

Seorang presenter harus selalu mengikuti perkembangan isu yang sedang beredar di sekitarnya. Langkah ini tentu dilakukan dengan tujuan agar mereka dapat nyambung dalam setiap topik pembicaraan, sehingga terjalin komunikasi dua arah dan tidak hanya berdiam diri saja.

2. Penguasaan lapangan atau studio

Sebaiknya sebagai calon presenter muda dan berbakat, jangan hanya terpaku pada studio televisi. Anda pun dapat menjadikan studio sebagai rumah dengan narasumber diibaratkan sebagai seorang 'tamu'. Sehingga Anda harus menjamunya dan mencari informasi sedalam-dalamnya mengenai berita yang ingin digali lebih dalam. Selain itu agar hasil yang Anda peroleh dapat maksimal.

3. Jangan panik

Kadang saat sedang berada di depan kamera, seorang pembawa acara sering grogi dan panik. Hal seperti ini yang seharusnya dihindari oleh setiap calon presenter.

Sebab saat rasa grogi menghinggap diri dapat mambuat segala sesuatunya menjadi kacau, sehingga menimbulkan kesalahan yang tidak diinginkan. Namun bila rasa grogi ini muncul, tak perlu takut, cukup akui kesalahan Anda dan cobalah untuk tetap tenang dan melanjutkan pembicaraan.

4. Pintar membaca situasi

Bila terjadi perubahan situasi di lapangan atau studio, maka seorang presenter harus pintar membaca situasi. Tentu langkah ini dapat dilakukan dengan cara menyesuaikan diri dalam berbagai kondisi, jangan sampai sikap panik meliputi diri. Oleh karena itu tetap fokuskan pikiran dan ajukan pertanyaan terkait peristiwa yang sedang terjadi.

5. Belajar dari pengalaman

Seorang pembawa acara tidak akan pernah menjadi presenter sukses dan andal jika dia tidak pernah belajar dari pengalamannya. Karena tanpa belajar dari pengalaman, maka Anda tidak akan bisa maju ke tingkat berikutnya.

Selain itu dengan belajar tentu akan semakin mengasah kemampuan yang dimiliki agar menjadi lebih baik.

Untuk diketahui, Chandra Sugarda bukanlah pemain baru yang hanya berpengalaman seumur jagung. Namun alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Parahyangan Bandung ini telah malang melintang di dunia pertelevisian. Kini presenter stasiun TVRI dan Trijaya Network ini tengah merampungkan kuliah S2 di Deen Haag, Belanda, dengan mengambil jurusan Woman Gender and Development.(nsa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar